Perilaku Konsumen Menjelang Lebaran
Jika sudah memasuki bulan ramadhan banyak masyarakat yang sibuk mencari kebutuhan untuk keperluan dibulan ramadhan. Bahkan sampai ada yang sudah mempersiapkan keperluan untuk diHari Raya Lebaran nanti padahal baru beberapa hari menjalani bulan ramadhan. Terdapat beberapa kebutuhan yang biasanya dibeli atau dicari oleh konsumen seperti kue-kue, sirup, kurma bahkan baju baru untuk lebaran nanti. Apalagi dihari lebaran biasanya semua anggota keluarga akan berkumpul bersama sehingga kebutuhan-kebutuhan tersebut sangat diperlukan. Melihat situasi seperti ini para penjual atau produsen harus berpikir secara cepat apa yang harus dilakukannya supaya masyarakatatau konsumen ingin membeli produknya, khususnya produk makanan, minuman dan pakaian tadi.
Pada hari-hari biasa produsen hanya menjual kue yang itu-itu saja, nah pada hari menjelang hari raya lebaran produsen harus menjual kue yang biasanya dibutuhkan oleh konsumen misalnya kue nastar. Walaupun bentuknya kecil tetapi kue nastar memiliki rasa yang enak dan konsumen pasti suka. Untuk melakukan penjualan terhadap produknya tersebut produsen harus berpikir secara kreatif supaya konsumen mau membeli produknya. Dari segi produk, produsen harus tahu selera konsumen seperti apa terhadap kue nastar tersebut misalnya konsumen lebih banyak menyukai kue nastar yang teksturnya lembut sehingga memakannya lebih nikmat dan sebagainya. Dari segi harga, pada waktu menjelang lebaran biasanya produsen memberikan harga yang berbeda atau sedikit lebih tinggi dari harga biasanya. Itu dikarenakan produk tersebut hanya dijual pada hari-hari tertentu. Kemudian dari segi tempat, untuk menjual produknya produsen bisa menjualnya ditempat pembuatannya langsung, dipasar atau diagen-agen makanan lainnya. Untuk melakukan promosi, produsen biasa memulainya dari memasang iklan, spanduk didepan took atau dari mulut kemulut konsumen jadi secara tidak langsung konsumen juga membantu produsen dalam mempromosikan produknya. Konsumen yang belum tahu dimana tempat yang menjual kue-kue yang enak pun bisa juga mendapatkan informasinya dari teman, keluarga dan orang sekitar lainnya. Membeli kue-kue seperti nastar untuk mengisi hari lebaran sepertinya sudah menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat.
Dalam mengambil keputusan pembelian terhadap produk yang ditawarkan oleh produsen, konsumen juga dipengaruhi oleh factor individual. Pertama kepribadian, jika dari dalam diri konsumen menyukai suatu produk maka konsumen pasti akan membeli produk tersebut walaupun harganya mahal. Selain itu motivasi, konsumen pasti ingin menyajikan makanan, minuman yang enak untuk para tamu dan keluarga yang datang berkunjung dihari lebaran sehingga bisa membuat mereka senang. Para konsumen juga memperhatikan keunggulan dari produk yang akan dibelinya sehingga konsumen mempunyai persepsinya sendiri. Jika harganya mahal tapi rasanya tidak enak maka konsumen tidak akan membelinya dan sebalikanya.
Di hari menjelang lebaran bukan hanya konsumen yang direpotkan oleh kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan pada hari itu, para produsen pun dibuat repot dalam menyediakan produk yang dibutuhkan oleh para konsumen. Terakhir, konsumenpun harus mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan opembelian agar nantinya tidak kecewa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar