Welcome To My Blog

salah satu tempat dimana kita bisa membagi apa yang kita ketahui dan tempat dimana kita bisa mengetahui sesuatu...

Selasa, 29 Desember 2009

Perilaku Konsumen

Pengaruh lingkungan eksternal terhadap keputusan pembelian

Biasanya dalam melakukan keputusan pembelian konsumen sangat memperhatikan lingkungan sekitarnya. Kadang konsumen merasa tidak yakin dengan keputusannya dalam membeli produk tertentu dan meminta bantuan dari pihak lain untuk menentukan produk apa yang harus dibeli. Tetapi tetap saja keputusan pembelian terakhir ada dalam diri konsumen itu sendiri. Salah satu faktor dalam menentukan keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen adalah lingkungan eksternal yang bisa dari orang terdekat seperti keluarga ataupun teman atau bahkan pihak lain yang memberi sedikit pengaruh dalam keputusannya dalam membeli.
Misalnya saja ada konsumen yang ingin membeli Laptop, pada jaman sekarang ini teknologi sudah berkembang sangat pesat. Itu menyebabkan munculnya produk-produk baru yang dihasilkan oleh teknologi tersebut. Nah, konsumen yang belum banyak mengetahui tentang teknologi membutuhkan orang lain yang sangat mengerti dalam urusan membeli laptop tersebut agar tidak salah memilih produk. konsumen dapat mendapatkan informasi dari pihak eksternal untuk mengetahui produk apa yang paling baik mutunya. dengan begitu konsumen akan lebih terbantu dalam memutuskan pembelian produk tersebut. Ada konsumen yang hanya ikut-ikutan dalam membeli produk tanpa tahu mutu dari produk tersebut. hal-hal seperti ini harus dihindari agar nantinya tidak merasa menyesal dengan keputusannya sendiri.
Setelah mendapatkan informasi yang tepat tentang produk tersebut, barulah konsumen dapat menentukan produk mana yang sesuai dengan kriterianya dan membeli produk yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar