PENGARUH KUALITAS TEKNIK, KUALITAS FUNGSIONAL DAN AKTIVITAS PEMASARAN TRADISIONAL TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT. TELKOM KANTOR DAERAH TASIKMALAYA
Kartawan, Toto Sugiharto S, Sumarna
tsharto@gunadarma.ac.id
Pascasarjana Universitas Gunadarma
PT. Telkom Tasikmalaya
Latar belakang
Perusahaan-perusahaan berusaha semaksimal mungkin untuk mencari pelanggan baru dam mempertahankan pelanggan lamanya dengan berbagai strategi. Salah satu strategi yang dapat dipergunakan yaitu dengan membangun citra perusahaan.
Masalah
Masalah dalam penelitian ini adalah :
1. Citra PT.Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Kandatel Tasikmalaya dihadapan para pelanggannya belum sepenuhnya diketahui.
2. Pengaruh kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kantor Daerah Telekomunikasi Tasikmalaya belum secara jelas diketahui.
Tujuan
Tujuan penelitian ini, yaitu :
1. Mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya
2. Mengukur pengaruh dari kualitas teknikal, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaaran tradisional terhadap citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya.
Metodologi
Teknik pengambilan sample
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkom yang berada di wilayah Kodya Tasikmalaya, sebanyak 22.475 pelanggan. Kerangka pengambilan contoh diambil dari buku petunjuk telepon tahun 2001/2002. Ukuran contoh ditentukan dengan menggunakan formulasi sebagai berkut (Zikmund, 1996) :
N
n =
1 + Ne^2
Dimana :
n = ukuran sample yang diperlukan
N = ukuran populasi
e^2 = Tingkat kesalahan 10%
Menggunakan rumus diatas maka sample yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 100.
Operasionalisasi variable
Dalam penelitian ini variable yang dikaji adalah kualitas teknik, kualitas fungsional, pemasaran tradisional dan citra perusahaan. Kualitas teknik berkaitan dengan fasilitas dan penampilan fisik dalam melayani konsumen. Variable ini diukur dengan dimensi (i) penampilan fisik pegawai; (ii) penampilan fisik PT. Telkom Tasikmalaya; (iii) peralatan yang digunakan perushaan; (iv) fasilitas fisik pelayanan; (v) kenyamanan dan kebersihan; (vi) ketersediaan jaringan baru dan (vii) pengetahuan teknik dari pegawai.
Kualitas fungsional adalah proses pelayanan berupa interaksi antara PT. Telkom dan pelanggan. Variable ini diukur dengan dimensi sebagai berikut : (i) keramahan petugas; (ii) kesopanan dan kesabaran petugas; (iii) profesionalisme petugas dalam berinteraksi dengan pelanggan; (iv) kecepatan petugas dalam memberikan pelayanan dan (v) kemudahan petugas untuk dihubungi bila konsumen mengalami permasalahan.
Pemasaran tradisional merupakan kegiatan berupa promosi dan penetapan tariff. Variable ini diukur dengan : (i) iklan PT. Telkom di televise, radio, surat kabar dan majalah; (ii) informasi dari mulut ke mulut; (iii) kegiatan social dan (iv) kewajaran tariff abudemen, pasang baru dan pulsa.
Analisis data
Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini yang telah diuji yaitu uji validitas dan uji reabilitas, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra perusahaan. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi dan korelasi.
Hasil
Berdasarkan penelitian didapat hasil sebagai berikut :
1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya memiliki citra dalam kategori baik di hadapan pelanggannya.
2. Dimensi-dimensi yang terdapat pada variable kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional berkorelasi positif dengan citra perusahaan.
3. Secara serempak variable kualitas teknik, kualitas fungsional dan pemasaran tradisional berpengaruh nyata terhadap citra perusahaan. Sedangkan secara parsial hanya variable kualitas teknik dan aktivitas pemasaran tradisional yang berpengaruh nyata terhadap pembentukan citra perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar