Welcome To My Blog

salah satu tempat dimana kita bisa membagi apa yang kita ketahui dan tempat dimana kita bisa mengetahui sesuatu...

Rabu, 21 Oktober 2009

Perilaku Konsumen

Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografis

Segmentasi pasar merupakan falsafah yang berorientasi pada konsumen. Jadi, perusahaan yang berorientasi pada konsumen akan membagi pasarnya kedalam segmen-segmen pasar tertentu dimana masing-masing segmen bersifat homogen. Homogenitas masing-masing segmen tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan-perbedaan dalam kebiasaan membeli, cara penggunaan barang, kebutuhan pemakai, motif pembelian, tujuan pembelian dan sebagainya. Salah satu alasan bagi perusahaan dalam mengadakan segmentasi pasar adalah supaya pasar bersifat dinamis, tidak statis. Dalam menentukan segmen pasar, perusahaan juga harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Ada beberapa dasar yang digunakan dalam menentukan segmentasi pasar. Salah satunya yaitu segmentasi pasar berdasarkan demografi. Didalam segmentasi berdasarkan demografi, membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti umur, jenis kelamin, status perkawinan, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, dan kebangsaan.
Faktor-faktor demografis merupakan dasar paling populer untuk membuat segmentasi pasar. Salah satu alasannya adalah kebutuhan konsumen, keinginan, dan tingkat penggunaan konsumen yang berbeda-beda. Sebagai produsen, perusahaan harus melihat faktor ini dengan cermat supaya produk yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Melihat segmentasi pasar berdasarkan demografi, kita melihat faktor uang pertama yaitu umur. Kebutuhan dan keinginan konsumen berubah sesuai dengan perkembangan umurnya. Konsumen akan memakai suatu produk yang sesuai dengan umurnya. Sebagai contoh perusahaan yang memproduksi produk sabun mandi Cusson. Jika dilihat dari produknya, sabun mandi Cusson hanya bisa digunakan oleh bayi atau anak-anak. Padahal produk tersebut juga bisa digunakan oleh orang dewasa. Umur bagi pengguna sabun mandi Cusson mulai dari 1 bulan bahkan sampai 20 tahunan lebih. Ini bisa dikarenakan ada orang dewasa yang mempunyai kulit sensitif sehingga hanya cocok dengan sabun yang kebanyakan dipakai oleh bayi atau anak-anak. Sabun mandi Cusson bisa digunakan oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Sabun mandi Cusson diproduksi dengan keunggulan diantaranya sabunnya yang wangi, busanya yang lembut dan bisa membuat kulit menjadi lembut sehingga memudahkan siapa saja untuk memakainya. Faktor pendapatan pun tidak terlalu diperhitungkan oleh konsumen karena harganya yang terjangkau.
Oleh karena itu, jika perusahaan melakukan segmentasi pasar dengan tepat maka produk yang dihasilkannya pun akan diminati oleh sasaran pasarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar